KONEKSI ANTAR MATERI-MODUL 1.2

 


KONEKSI ANTAR MATERI-MODUL 1.2

REFLEKSI MODEL 4P

Oleh : Ananda Wahyu Yatama Putra, S.Pd.

Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Pati

 

Setelah saya menjalani pembelajaran dari modul 1.1 hingga modul 1.2, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P) :

1.      Peristiwa

     Pada modul 1.1 saya bersama rekan CGP mempelajari tentang filosofi pendidikan dari Ki Hajar Dewantara. Yang mana dalam penjelasannya Beliau mengartikan pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mereka dapa mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai manusia maupun anggota masyarakat.

     Dari sini saya tertarik dengan maksud menuntun yang di definisikan oleh Ki Hajar Dewantara. Ternyata menuntun yang dimaksud adalah menuntun anak sesuai dengan kodranya. Setiap anak memiliki kodrat alam dan kodrat zaman, sehingga mereka harus tumbuh sesuai dengan kodrat tersebut serta guru harus memahami kodrat masing-masing anak.

     Seperti halnya dengan perkembangan zaman, maka guru juga harus mampu mengahdapi perkembangan zaman serta menuntun siswanya untuk siap menghadapi perkembangan zaman. Diantaranya adalah perkembangan teknologi dan kecakapan abad 21. Selain itu juga harus mampu mengenalkan siswa untuk tidak mudah terpengaruh oleh budaya luar yang masuk. Tidak mudah menerima budaya tersebut serta harus menyaring agar nilai-nilai budaya kita tidak luntur dengan adanya budaya lain yang masuk. Saya harus membantu siswa untuk menyaring hal tersebut, jika mereka kurang tepat dalam bertindak maka harus disaring. Dari sini saya menjadi tahu makna pendidikan dan pendidik yang sebenarnya.

     Kemudian pada modul 1.2 saya mendapatkan ilmu baru terkait dengan nilai guru penggerak. Nilai ini yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak agar dapat mewujudkan profil pelajar pancasila. Nilai tersebut diantaranya adalah berpihak pada murid, mandiri, inovatif, kolaboratif, dan reflektif. Selain itu saya juga mendapatkan ilmu baru terkait peran guru penggerak yang diantaranya adalah menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, menggerkkan komunitas praktik, mewujudkan kepemimpinan murid, dan mendorong kolaborasi antarguru.

     Setelah mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 saya mencoba memahami bahwa ada keterkaitan antarmodul tersebut. Menurut saya bahwa tugas guru sebagai penuntun murid harus juga disinergikan dengan nilai guru penggerak dan peran guru penggerak. Sehingga guru dapat mengenali potensi muridnya sejak dini serta mampu mempersiapkan pembelajaran yang terbaik bagi muridnya. Sehingga dapat membentuk murid yang berprestasi dan berkarakter.

 

2.      Perasaan

     Setelah mempelajari modul yang ada, saya menjadi merasa bahwa masih harus terus belajar, karena ternyata masih banyak ilmu baru yang belum saya pahami. Awalnya menganngap bahwa kodrat anak hanya untuk belajar dan berprestasi, ternyata ada kodrat yang sesungguhnya harus terpenuhi oleh siswa. Dari mempelajari modul ini juga saya menjadi tahu bahwa tugas guru adalah sebagai fasilitator bagi murid. Pusat pembelajaran adalah pada murid. Sehingga saya harus mengasah ilmu tentang pembelajaran yang berpihak kepada murid sehingga dapat mewujudkan peran pemimpin pembelajaran.

 

3.      Pembelajaran

     Sebelum mempelajari modul 1.2 ini, saya sebagai guru tahunya hanya dituntut untuk menyelesaikan capaian kurikulum saja. Tetapi ternyata pembelajaran tidak hanya itu saja, namun harus menyenangkan bagi siswa, inovatif, dan selalu baru.

     Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam diri saya, sehingga saya harus terus belajar dan menggali ilmu yang baru. Baik dengan cara mengikuti pelatihan mandiri, berkolaborasi dengan teman, ataupun kepada komunitas yang lain. Sehingga memang ke depannya nilai dan peran guru penggerak ini memang benar-benar ada dalam diri saya sehingga dapat membantu mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

4.      Penerapan ke depan (Rencana)

Rencana saya ke depannya sebagai langkah konkret pengembangan diri saya untuk menguatkan nilai dan peran guru penggerak adalah :

a.       Menyiapkan pembelajaran semaksimal mungkin dengan inovasi dan kreativias yang saya miliki guna menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi murid.

b.      Mengikuti pelatihan-pelatihan secara mandiri untuk mengembangkan kemampuan diri saya.

c.       Membuat pembelajaran yang berpihak kepada murid serta memaksimalkan peran guru sebagai fasilitator.

d.      Berkolaborasi dengan rekan guru untuk mengembangkan materi pembelajaran dan melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang sudah saya lakukan.

e.       Memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pembelajaran guna menunjang pembelajaran.

Komentar