Soal Pre Tes Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif

 

Soal pre tes Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif

1.       Fajri duduk di kelas 4 SD. Ketika disuruh membaca, ia mengalami banyak kesulitan, sering mengulang, terlihat berusaha keras untuk mengeja, kesulitan dalam membedakan huruf b, p, dan q, dan tidak memahami apa yang dibaca. Fajri juga lamban dalam belajar bahasa dan memiliki kosa kata yang terbatas.

Berdasarkan data dan informasi tersebut, Fajri mengalami kesulitan belajar spesifif, yaitu:

a.       Disgrafia

b.      Disleksia

c.       Disfraksia

d.      Diskalkulia

2.       Universal Design for Learning (UDL)  dikembangkan berdasarkan ilmu berikut:

a.       Ilmu neurologi, psikologi sosial dan keberagaman peserta didik

b.      Ilmu neurologi, psikologi perkembangan dan keberagaman peserta didik

c.       Ilmu neurologi, psikologi perkembangan dan psikologi sosial

d.      Ilmu neurologi, psikologi perkembangan dan keberagaman cara belajar

3.       Dimensi model evaluasi CIPPO yang berfungsi untuk menggambarkan dan merinci keterkaitan dengan lingkungan, kebutuhan yang belum terpenuhi, siapa yang dilayani, dan tujuan program adalah . . .

a.       Outcome

b.      Input

c.       Product

d.      Context

4.       Jaringan recognition dalam otak berfungsi untuk . . .

a.       Mengetahui tentang “bagaimana” dalam pemebelajaran

b.      Mengetahui tentang “apa” dalam pemebelajaran

c.       Mengetahui tentang “dimana” dalam pemebelajaran

d.      Mengetahui tentang “mengapa” dalam pemebelajaran

5.       Berikut strategi pemeblajaran yang tepat saat berhadapan dengan peserta didik yang mengalami hambatan bicara.

1)      Posisikan wajah anda menyamping dengan peserta didik ketika berkomunikasi dengannya

2)      Memebrikan contoh membuat kalimat yang benar

3)      Ajarkan model-model alternative untuk bisa berbicara

4)      Ajukan pertanyaan secara tertulis dengan pertanyaan yang bisa dijawab oleh peserta didik yang bersangkutan.

a.       (1) dan (3)

b.      (1) dan (2)

c.       (2) dan (3)

d.      (2) dan (4)

6.       Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif menerapkan kurikulum yang berlaku secara nasional yang diadaptasi sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik penyandang disabilitas. Adaptasi kurikulum meliputi . . .

a.       Indicator, tujuan proses dan penilaian

b.      Tujuan, materi, proses, dan penilaian

c.       Tujuan, proses, refleksi, dan tindak lanjut

d.      Indicator, tujuan, proses, dan teknik penilaian

7.       Assesment of Learning merupakan sebutan lain untuk jenis asesmen . . .

a.       Diagnostik

b.      Berkelanjutan

c.       Formatif

d.      Sumatif

8.       Universal Design for Learning (UDL) salah satunya dikembangkan berdasarkan penelitian mengenai tiga jaringan yang terlibat ketika sesorang belajar yaitu :

a.       Affective, recognition dan strategic

b.      Cognitive, recognition dan didactic

c.       Affective, psychomotor dan strategic

d.      Cognitive, psychomotor dan didactic

9.       Perhatikan gejala-gejala fungsional peserta didik ini!

·         Sering menampilkan perilaku repetitive (berulang-ulang) seperti bergoyang, melambai atau mengepak

·         Sangat focus pada hal-hal yang tidak pantas

·         Terobsesi pada topic pembeicaraan tertentu

·         Tidak dapat memeperbaiki pertemanan

·         Terpaku pada pengalaman sensorik tertentu, misalnya lampu atau tekstur.

Apabila anak mengalami gejala seperti di atas, maka patut diduga mengalami kesulitan . . .

a.       Kesulitan belajar

b.      Mengendalikan emosi

c.       Interaksi perilaku

d.      Lamban belajar

10.   Model evaluasi CIPPO dimensi yang digunakan untuk mengukur, menginterpretasikan dan menilai pencapaian program disebut . . .

a.       Input

b.      Product

c.       Outcome

d.      Context

11.   Ibu Oni guru kelas 3 SD melakukan identifikasi hambatan belajar peserta didiknya. Ia memperoleh data dan informasi bahwa salah satu peserta didiknya (Yuda) sering terlihat sedih, cemas, dan nampak seperti kehilangan minat. Informasi dari orang tuanya, Yuda juga tidak suka bergaul dengan saudara-saudaranya, lebih sering mengurung dirinya di kamar, dan mudah tersinggung (marah).

Dari data dan informasi tersebut, Ibu Oni berkesimpulan Yuda mengalami hambatan ….

a.       Perilaku sosial

b.      Mengendalikan emosi

c.       Lamban belajar

d.      Kesulitan belajar

12.   Berikut ini adalah cara untuk menilai kemajuan peserta didik di kelas inklusif.

1)      Penyesuaian skala penilaian

2)      Observasi informal

3)      Peserta didik menilai diri sendiri

4)      menggunakan format tes baku

manakah yang sesuai?

a.       4 saja

b.      1, 2 dan 3

c.       1 dan 2

d.      2 dan 4

13.   Sebuah desain universal secara umum harus memenuhi kriteria berikut.

a.       Inclusion, usable, dan accessible

b.      Usable, adaptable, dan accessible

c.       Accessible, adaptable, dan inclusion

d.      Adaptable, usable, dan accessible

14.   Berikut adalah tiga prinsip dari UDL, kecuali :

a.       Menyediakan berbagai berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pemeblajaran afektif

b.      Menyediakan berbagai sarana yang representative untuk cara kita memberikan makna pada pembelajaran

c.       Menyediakan berbagai cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang membelajarkan peserta didik

d.      Menyediakan berbagai cara untuk mengevaluasi serta menilai peserta didik sesuai kemampuan mereka

15.   Hal yang paling penting dalam penentuan strategi pembelajran dalam setting pendidikan inklusif adalah . .

a.       Jenis hambatan yan diahdapi peserta didik

b.      Ketersediaan alat pendukung pembelajaran

c.       Kebutuhan belajar peserta didik

d.      Kebutuhan orangtua peserta didik

16.   Tujuan pembelajaran pada kurikulum sekolah regular diubah dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik penyandang disabilitas. Konsekuansinya, rumusan kompetensi untuk peserta didik tersebut berbeda dengan peserta didik lainnya, penyesuaian yang berkaitan dengan KI dan KD merupakan bentuk adaptasi . . .

a.       Proses pembelajaran

b.      Tujuan pembelajaran

c.       Penialain pembelajaran

d.      Materi pembelajaran

17.   Mengganti sesuatu yang ada dalam kurikulum umum dengan sesuatu yang lain. Penggantian dilakukan karena hal tersebut tidak mungkin dilakukan oleh peserta didik penyandang disabilitas tetapi masih bosa diganti dengan hal lain yang sama bobotnya dengan yang digantikan. Penjelasan tersebut merupakan definisi dari model adaptasi kurikulum, yaitu . . .

a.       Model modifikasi

b.      Model substitusi

c.       Model omisi

d.      Model eskalasi

18.   Asesmen untuk mengetahui kondisi awal peserta didik baik secara kognitif maupun nonkognitif. Manakah yang sesuai dengan pernyataan tersebut?

a.       Asessmen sumatif

b.      Asessmen diagnostic

c.       Asessmen formatif

d.      Asessmen berkleanjutan

19.   Terdapat perubahan dalam system penilaian hasil belajar yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik penyandang disabilitas. Dengan kata lain peserta didik tersebut menjalani system penilaian yang berbeda dengan peserta didik regular. Perubahan tersebut bisa berbentuk penyesuaian soal, perubahan alokasi waktu, teknik/cara penilaian, atau tempat penilaian. Definisi tersebut merupakan penjelasan dari modifikasi . . . .

a.       Tujuan pembelajaran

b.      Materi pembelajaran

c.       Penilaian pembelajaran

d.      Proses pembelajaran

20.   Berikut ini adalah pernyataan yang tepat tentang identifikasi hambatan belajar peserta didik yaitu :

a.       Sebagai pedoman dalam menentukan kebijakan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif

b.      Menentukan jenis disabilitas seperti peserta didik autis, lamban belajar, dan jenis disabilitas lainnya.

c.       Memudahkan guru dalam melakukan pengelompokan peserta didik ketika melaksanakan pembelajran di kelasnya

d.      Melihat hambatan yang dialami oleh peserta didik dalam aktivitas dan berpartisipasi di kelas atau di lingkungan sekolahnya.

21.   Komponen profil belajar siswa yang menyediakan informasi tentang keterbatasn, kebutuhan, serta dukungan yang diperlukan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran adalah . . .

a.       Komponen A dan Komponen B

b.      Komponen B dan Komponen C

c.       Komponen C dan Komponen D

d.      Komponen A dan Komponen E

 

Komentar