Soal pre tes Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah
Penyelenggara Pendidikan Inklusif
1.
Fajri duduk di kelas 4 SD. Ketika disuruh
membaca, ia mengalami banyak kesulitan, sering mengulang, terlihat berusaha
keras untuk mengeja, kesulitan dalam membedakan huruf b, p, dan q, dan tidak
memahami apa yang dibaca. Fajri juga lamban dalam belajar bahasa dan memiliki
kosa kata yang terbatas.
Berdasarkan data dan informasi tersebut, Fajri mengalami kesulitan
belajar spesifif, yaitu:
a. Disgrafia
b.
Disleksia
c.
Disfraksia
d.
Diskalkulia
2.
Universal
Design for Learning (UDL) dikembangkan berdasarkan ilmu berikut:
a.
Ilmu neurologi, psikologi sosial dan keberagaman
peserta didik
b. Ilmu neurologi, psikologi perkembangan dan
keberagaman peserta didik
c.
Ilmu neurologi, psikologi perkembangan dan psikologi
sosial
d.
Ilmu neurologi, psikologi perkembangan dan
keberagaman cara belajar
3.
Dimensi model evaluasi CIPPO yang berfungsi
untuk menggambarkan dan merinci keterkaitan dengan lingkungan, kebutuhan yang
belum terpenuhi, siapa yang dilayani, dan tujuan program adalah . . .
a.
Outcome
b.
Input
c. Product
d.
Context
4.
Jaringan recognition
dalam otak berfungsi untuk . . .
a.
Mengetahui tentang “bagaimana” dalam
pemebelajaran
b. Mengetahui tentang “apa” dalam
pemebelajaran
c.
Mengetahui tentang “dimana” dalam pemebelajaran
d.
Mengetahui tentang “mengapa” dalam pemebelajaran
5.
Berikut strategi pemeblajaran yang tepat saat
berhadapan dengan peserta didik yang mengalami hambatan bicara.
1)
Posisikan wajah anda menyamping dengan peserta
didik ketika berkomunikasi dengannya
2)
Memebrikan contoh membuat kalimat yang benar
3)
Ajarkan model-model alternative untuk bisa
berbicara
4)
Ajukan pertanyaan secara tertulis dengan
pertanyaan yang bisa dijawab oleh peserta didik yang bersangkutan.
a.
(1) dan (3)
b.
(1) dan (2)
c.
(2) dan (3)
d. (2) dan (4)
6.
Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
menerapkan kurikulum yang berlaku secara nasional yang diadaptasi sesuai dengan
kebutuhan belajar peserta didik penyandang disabilitas. Adaptasi kurikulum
meliputi . . .
a.
Indicator, tujuan proses dan penilaian
b.
Tujuan, materi, proses, dan penilaian
c. Tujuan, proses, refleksi, dan tindak lanjut
d.
Indicator, tujuan, proses, dan teknik penilaian
7.
Assesment of Learning merupakan sebutan lain
untuk jenis asesmen . . .
a. Diagnostik
b.
Berkelanjutan
c.
Formatif
d.
Sumatif
8.
Universal Design for Learning (UDL) salah
satunya dikembangkan berdasarkan penelitian mengenai tiga jaringan yang
terlibat ketika sesorang belajar yaitu :
a. Affective, recognition dan strategic
b.
Cognitive, recognition dan didactic
c.
Affective, psychomotor dan strategic
d.
Cognitive, psychomotor dan didactic
9.
Perhatikan gejala-gejala fungsional peserta
didik ini!
·
Sering menampilkan perilaku repetitive (berulang-ulang)
seperti bergoyang, melambai atau mengepak
·
Sangat focus pada hal-hal yang tidak pantas
·
Terobsesi pada topic pembeicaraan tertentu
·
Tidak dapat memeperbaiki pertemanan
·
Terpaku pada pengalaman sensorik tertentu,
misalnya lampu atau tekstur.
Apabila anak mengalami gejala seperti di atas, maka patut diduga
mengalami kesulitan . . .
a.
Kesulitan belajar
b.
Mengendalikan emosi
c. Interaksi perilaku
d.
Lamban belajar
10.
Model evaluasi CIPPO dimensi yang digunakan
untuk mengukur, menginterpretasikan dan menilai pencapaian program disebut . .
.
a. Input
b.
Product
c.
Outcome
d.
Context
11.
Ibu Oni guru kelas 3 SD melakukan identifikasi
hambatan belajar peserta didiknya. Ia memperoleh data dan informasi bahwa salah
satu peserta didiknya (Yuda) sering terlihat sedih, cemas, dan nampak seperti
kehilangan minat. Informasi dari orang tuanya, Yuda juga tidak suka bergaul
dengan saudara-saudaranya, lebih sering mengurung dirinya di kamar, dan mudah
tersinggung (marah).
Dari data dan informasi tersebut, Ibu Oni berkesimpulan Yuda mengalami
hambatan ….
a.
Perilaku sosial
b.
Mengendalikan emosi
c.
Lamban belajar
d. Kesulitan belajar
12.
Berikut ini adalah cara untuk menilai kemajuan
peserta didik di kelas inklusif.
1)
Penyesuaian skala penilaian
2)
Observasi informal
3)
Peserta didik menilai diri sendiri
4)
menggunakan format tes baku
manakah yang sesuai?
a.
4 saja
b. 1, 2 dan 3
c.
1 dan 2
d.
2 dan 4
13.
Sebuah desain universal secara umum harus
memenuhi kriteria berikut.
a. Inclusion, usable, dan accessible
b.
Usable, adaptable, dan accessible
c.
Accessible, adaptable, dan inclusion
d.
Adaptable, usable, dan accessible
14.
Berikut adalah tiga prinsip dari UDL, kecuali :
a. Menyediakan berbagai berbagai cara
keterlibatan untuk mendukung pemeblajaran afektif
b.
Menyediakan berbagai sarana yang representative untuk
cara kita memberikan makna pada pembelajaran
c.
Menyediakan berbagai cara tindakan dan ekspresi
untuk mendukung cara belajar yang membelajarkan peserta didik
d.
Menyediakan berbagai cara untuk mengevaluasi
serta menilai peserta didik sesuai kemampuan mereka
15.
Hal yang paling penting dalam penentuan strategi
pembelajran dalam setting pendidikan inklusif adalah . .
a.
Jenis hambatan yan diahdapi peserta didik
b.
Ketersediaan alat pendukung pembelajaran
c. Kebutuhan belajar peserta didik
d.
Kebutuhan orangtua peserta didik
16.
Tujuan pembelajaran pada kurikulum sekolah regular
diubah dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik penyandang disabilitas. Konsekuansinya,
rumusan kompetensi untuk peserta didik tersebut berbeda dengan peserta didik
lainnya, penyesuaian yang berkaitan dengan KI dan KD merupakan bentuk adaptasi
. . .
a.
Proses pembelajaran
b. Tujuan pembelajaran
c.
Penialain pembelajaran
d.
Materi pembelajaran
17.
Mengganti sesuatu yang ada dalam kurikulum umum
dengan sesuatu yang lain. Penggantian dilakukan karena hal tersebut tidak
mungkin dilakukan oleh peserta didik penyandang disabilitas tetapi masih bosa
diganti dengan hal lain yang sama bobotnya dengan yang digantikan. Penjelasan
tersebut merupakan definisi dari model adaptasi kurikulum, yaitu . . .
a.
Model modifikasi
b. Model substitusi
c.
Model omisi
d.
Model eskalasi
18.
Asesmen untuk mengetahui kondisi awal peserta
didik baik secara kognitif maupun nonkognitif. Manakah yang sesuai dengan
pernyataan tersebut?
a.
Asessmen sumatif
b. Asessmen diagnostic
c.
Asessmen formatif
d.
Asessmen berkleanjutan
19.
Terdapat perubahan dalam system penilaian hasil
belajar yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik penyandang
disabilitas. Dengan kata lain peserta didik tersebut menjalani system penilaian
yang berbeda dengan peserta didik regular. Perubahan tersebut bisa berbentuk
penyesuaian soal, perubahan alokasi waktu, teknik/cara penilaian, atau tempat
penilaian. Definisi tersebut merupakan penjelasan dari modifikasi . . . .
a.
Tujuan pembelajaran
b.
Materi pembelajaran
c. Penilaian pembelajaran
d.
Proses pembelajaran
20.
Berikut ini adalah pernyataan yang tepat tentang
identifikasi hambatan belajar peserta didik yaitu :
a.
Sebagai pedoman dalam menentukan kebijakan sekolah
dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif
b.
Menentukan jenis disabilitas seperti peserta
didik autis, lamban belajar, dan jenis disabilitas lainnya.
c.
Memudahkan guru dalam melakukan pengelompokan
peserta didik ketika melaksanakan pembelajran di kelasnya
d. Melihat hambatan yang dialami oleh peserta
didik dalam aktivitas dan berpartisipasi di kelas atau di lingkungan
sekolahnya.
21.
Komponen profil belajar siswa yang menyediakan
informasi tentang keterbatasn, kebutuhan, serta dukungan yang diperlukan peserta
didik dalam mengikuti pembelajaran adalah . . .
a.
Komponen A dan Komponen B
b.
Komponen B dan Komponen C
c.
Komponen C dan Komponen D
d. Komponen A dan Komponen E
Komentar
Posting Komentar