Angket Motivasi Belajar

 

Angket Motivasi Belajar Siswa

A.      Identitas Diri

Nama                    :

Kelas                    :

No.Presensi          :

B.       Pengantar

Demi kelancaran proses penelitian ini, saya mohon anak-anak mengerjakan angket motivasi belajar dengan sungguh-sungguh dan sejujur-jujurnya sehingga data yang diperoleh dalam penelitian ini sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

C.      Petunjuk Pengisian

1.      Angket ini terdiri dari 43 pertanyaan, pertimbangkan baik-baik pada setiap pertanyaan dengan yang kamu rasakan setelah mengikuti proses pembelajaran dan tentukan kebenarannya.

2.      Pilihlah jawaban yang benar-benar sesuai dengan pilihanmu.

3.      Jangan terpengaruh jawaban teman yang lain.

4.      Isilah angket dengan membubuhkan tanda silang (X) pada salah satu alternatif jawaban yang tersedia di dalam kotak.

5.      Adapun alternatif jawaban yang disediakan adalah

SS       = Sangat Setuju

S         = Setuju

TS       = Tidak setuju

STS    = Sangat Tidak Setuju

 

No

Pertanyaan

Alternatif Jawaban

SS

S

TS

STS

1.                   

Saya bertanya kepada guru apabila belum mengeti tentang pembelajaran

 

 

 

 

2.                   

Saya takut salah apabila enjawab pertanyaan dari guru

 

 

 

 

3.                   

Saya yakin dengan berusaha keras bisa menjadi juara kelas

 

 

 

 

4.                   

Saya ingin menghindari pertanyaan dari guru

 

 

 

 

5.                   

Saya bersungguh-sungguh belajar untuk mendapat hasil yang baik

 

 

 

 

6.                   

Kegagalan dapat membuat saya malas belajar

 

 

 

 

7.                   

Saya selalu berusaha menjawab pertanyaan dari guru

 

 

 

 

8.                   

Asalkan sudah mencapai KKM saya sudah cukup puas

 

 

 

 

9.                   

Saya mempunyai keinginan bertanya tentang sesuatu yang beda dengan yang saya pahami

 

 

 

 

10.               

Pelajaran yang baru saya pelajari di sekolah sering lupa setelah sampai di rumah

 

 

 

 

11.               

Saya mempunyai keinginan belajar ketika melihat teman-teman belajar

 

 

 

 

12.               

Mengerjakan tugas yang sulit membuat saya malas dan tidak bersemangat untuk belajar

 

 

 

 

13.               

Saya berusaha sungguh-sungguh untuk memahami materi pelajaran

 

 

 

 

14.               

Materi yang diajarkan guru tidak menarik, sehingga saya malas untuk mempelajarinya

 

 

 

 

15.               

Saya yakin dengan kemampuan yang saya miliki dapat mencapai cita-cita

 

 

 

 

16.               

Saya bersungguh-sungguh belajar untuk mencapai cita-cita

 

 

 

 

17.               

Belajar bukan hal utama untuk mencapai cita-cita

 

 

 

 

18.               

Setelah mempelajari materi yang diajarkan guru, saya percaya akan berhasil dalam tes

 

 

 

 

19.               

Saya sudah puas ketika sudah menyelesaikan satu soal tes

 

 

 

 

20.               

Jika jawaban yang saya kerjakan beda dengan teman, saya akan mengikuti jawaban teman

 

 

 

 

21.               

Saya merasa senang jika guru mengajak bernyanyi

 

 

 

 

22.               

Saya berusaha mendapat nilai bagus agar mendapat penghargaan dari guru

 

 

 

 

23.               

Penghargaan dari guru dapat membuat saya bersemangat belajar

 

 

 

 

24.               

Saya lebih suka mendapat pujian dari guru

 

 

 

 

25.               

Mendapat hadiah dari guru dapat membuat saya lebih semangat belajar

 

 

 

 

26.               

Saya lebih suka mendapat hadiah berupa barang

 

 

 

 

27.               

Saya merasa iri apabila guru hanya memberi hadiah kepada yang mendapat nilai tinggi.

 

 

 

 

28.               

Saat proses pembelajaran guru sering menggunakan permainan.

 

 

 

 

29.               

Saat proses berlangsung guru sering mengajak bernyanyi

 

 

 

 

30.               

Saya merasa senang pada saat belajar sesuatu yang baru

 

 

 

 

31.               

Saat kegiatan berlangsung guru hanya mengulang-ulang materi pelajaran saja

 

 

 

 

32.               

Saat menerangkan guru hanya berceramah saja

 

 

 

 

33.               

Saya senang apabila pembelajaran santai dan tidak menegangkan

 

 

 

 

34.               

Pada saat menerangkan guru tidak menggunakan alat bantuan

 

 

 

 

35.               

Saya senang saat proses belajar guru mneggunakan media, misalnya gambar, video, LCD, alat peraga.

 

 

 

 

36.               

Saat kegiatan belajar guru memberi soal tanpa menerangkan caranya.

 

 

 

 

37.               

Pada saat proses belajar guru sering meninggalkan ruangan

 

 

 

 

38.               

Lingkungan tempat saya belajar apa adanya.

 

 

 

 

39.               

Ruang kelas yang nyaman dan bersih membuat saya semangat belajar.

 

 

 

 

40.               

Saya tidak nyaman apabila ada sebagian teman saya membuat gaduh.

 

 

 

 

41.               

Keadaan ramai membuat saya tidak konsentrasi dengan belajar

 

 

 

 

42.               

Ruang kelas yang mempunyai banyak media membuat saya aktif belajar.

 

 

 

 

43.               

Apabila ingin menggunakan media pembelajaran, saya harus ke laboratorium

 

 

 

 

 


Komentar