Angket Motivasi Belajar Siswa
A.
Identitas Diri
Nama :
Kelas :
No.Presensi :
B.
Pengantar
Demi
kelancaran proses penelitian ini, saya mohon anak-anak mengerjakan angket
motivasi belajar dengan sungguh-sungguh dan sejujur-jujurnya sehingga data yang
diperoleh dalam penelitian ini sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
C.
Petunjuk Pengisian
1.
Angket ini terdiri dari 43
pertanyaan, pertimbangkan baik-baik pada setiap pertanyaan dengan yang kamu
rasakan setelah mengikuti proses pembelajaran dan tentukan kebenarannya.
2.
Pilihlah jawaban yang benar-benar
sesuai dengan pilihanmu.
3.
Jangan terpengaruh jawaban teman
yang lain.
4.
Isilah angket dengan membubuhkan
tanda silang (X) pada salah satu alternatif jawaban yang tersedia di dalam
kotak.
5.
Adapun alternatif jawaban yang
disediakan adalah
SS = Sangat Setuju
S = Setuju
TS = Tidak setuju
STS = Sangat Tidak Setuju
No |
Pertanyaan |
Alternatif
Jawaban |
|||
SS |
S |
TS |
STS |
||
1.
|
Saya bertanya kepada guru apabila belum
mengeti tentang pembelajaran |
|
|
|
|
2.
|
Saya takut salah apabila enjawab pertanyaan
dari guru |
|
|
|
|
3.
|
Saya yakin dengan berusaha keras bisa
menjadi juara kelas |
|
|
|
|
4.
|
Saya ingin menghindari pertanyaan dari guru |
|
|
|
|
5.
|
Saya bersungguh-sungguh belajar untuk
mendapat hasil yang baik |
|
|
|
|
6.
|
Kegagalan dapat membuat saya malas belajar |
|
|
|
|
7.
|
Saya selalu berusaha menjawab pertanyaan
dari guru |
|
|
|
|
8.
|
Asalkan sudah mencapai KKM saya sudah cukup
puas |
|
|
|
|
9.
|
Saya mempunyai keinginan bertanya tentang
sesuatu yang beda dengan yang saya pahami |
|
|
|
|
10.
|
Pelajaran yang baru saya pelajari di sekolah
sering lupa setelah sampai di rumah |
|
|
|
|
11.
|
Saya mempunyai keinginan belajar ketika
melihat teman-teman belajar |
|
|
|
|
12.
|
Mengerjakan tugas yang sulit membuat saya
malas dan tidak bersemangat untuk belajar |
|
|
|
|
13.
|
Saya berusaha sungguh-sungguh untuk memahami
materi pelajaran |
|
|
|
|
14.
|
Materi yang diajarkan guru tidak menarik,
sehingga saya malas untuk mempelajarinya |
|
|
|
|
15.
|
Saya yakin dengan kemampuan yang saya miliki
dapat mencapai cita-cita |
|
|
|
|
16.
|
Saya bersungguh-sungguh belajar untuk
mencapai cita-cita |
|
|
|
|
17.
|
Belajar bukan hal utama untuk mencapai
cita-cita |
|
|
|
|
18.
|
Setelah mempelajari materi yang diajarkan
guru, saya percaya akan berhasil dalam tes |
|
|
|
|
19.
|
Saya sudah puas ketika sudah menyelesaikan
satu soal tes |
|
|
|
|
20.
|
Jika jawaban yang saya kerjakan beda dengan
teman, saya akan mengikuti jawaban teman |
|
|
|
|
21.
|
Saya merasa senang jika guru mengajak
bernyanyi |
|
|
|
|
22.
|
Saya berusaha mendapat nilai bagus agar
mendapat penghargaan dari guru |
|
|
|
|
23.
|
Penghargaan dari guru dapat membuat saya
bersemangat belajar |
|
|
|
|
24.
|
Saya lebih suka mendapat pujian dari guru |
|
|
|
|
25.
|
Mendapat hadiah dari guru dapat membuat saya
lebih semangat belajar |
|
|
|
|
26.
|
Saya lebih suka mendapat hadiah berupa
barang |
|
|
|
|
27.
|
Saya merasa iri apabila guru hanya memberi
hadiah kepada yang mendapat nilai tinggi. |
|
|
|
|
28.
|
Saat proses pembelajaran guru sering
menggunakan permainan. |
|
|
|
|
29.
|
Saat proses berlangsung guru sering mengajak
bernyanyi |
|
|
|
|
30.
|
Saya merasa senang pada saat belajar sesuatu
yang baru |
|
|
|
|
31.
|
Saat kegiatan berlangsung guru hanya
mengulang-ulang materi pelajaran saja |
|
|
|
|
32.
|
Saat menerangkan guru hanya berceramah saja |
|
|
|
|
33.
|
Saya senang apabila pembelajaran santai dan
tidak menegangkan |
|
|
|
|
34.
|
Pada saat menerangkan guru tidak menggunakan
alat bantuan |
|
|
|
|
35.
|
Saya senang saat proses belajar guru
mneggunakan media, misalnya gambar, video, LCD, alat peraga. |
|
|
|
|
36.
|
Saat kegiatan belajar guru memberi soal
tanpa menerangkan caranya. |
|
|
|
|
37.
|
Pada saat proses belajar guru sering
meninggalkan ruangan |
|
|
|
|
38.
|
Lingkungan tempat saya belajar apa adanya. |
|
|
|
|
39.
|
Ruang kelas yang nyaman dan bersih membuat
saya semangat belajar. |
|
|
|
|
40.
|
Saya tidak nyaman apabila ada sebagian teman
saya membuat gaduh. |
|
|
|
|
41.
|
Keadaan ramai membuat saya tidak konsentrasi
dengan belajar |
|
|
|
|
42.
|
Ruang kelas yang mempunyai banyak media
membuat saya aktif belajar. |
|
|
|
|
43.
|
Apabila ingin menggunakan media
pembelajaran, saya harus ke laboratorium |
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar