Contoh Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII





TELAAH BUKU TEKS BAHASA INDONESIA
·         Judul Buku                  : Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII
·         Pengarang                   : Atikah Anindyarini
              Sri Ningsih
·         Editor                          : Retno Utami dan Widya Ristanti
·         Desain Cover               : Teguh Karya
·         Setting/ Lay Out         : Eni Purwanti
·         Cetakan                       : Pertama
·         Tahun Terbit                : 2008
·         Penerbit                       : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
·         Tempat Terbit              : Jakarta
·         Ditujukan Untuk         : SMP Kelas Satu
Buku teks tersebut di atas akan ditelaah dengan mengunakan pedoman atau penelaahan buku teks menggunakan kriteria penelaahan buku teks. Disini saya akan menelaah buku Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII pada Bab I. Hasil penelaahaan tergambar sebagai berikut:
  1. Materi
Dalam buku teks bahasa indonesia pada bab satu ini, penelaahan materi sendiri meliputi:
a.       Pendekatan keterampilan proses.
Pendekatan yan digunakan pengarang dalam buku teks ini meliputi:
1)      Mengamati
2)      Meramalkan
3)      Mengaplikasikan konsep
b.      Tujuan
Secara umum penyusun buku teks “ Bahasa Indonesia untuk kelas VII” menyadari bahwa semua pengajaran harus membimbing dan membekali siswa pengetahuan, keterampilan dan nilai serta sikap. Tujuan dari bab I ini adalah Tujuan Kemampuan Berbahasa yang meliputi:
1)      Mendengarkan
2)      Berbicara
3)      Membaca
4)      Menulis
5)      Kebahasaan
c.       Sudut Pandang (point of view)
Dalam buku teks bab 1 ini sudah bagus karena sudah mempunyai landasan, prinsip atau sudut pandang tertentu yang menjiwai atau melandasi buku teks secara keseluruhan. Sudut pandang disini berupa teori, bahasa, materi, dan tulisan.
d.      Kejelasan Konsep
Dalam buku teks bab 1 ini konsepnya sudah jelas. Tidak ada samaran atau kata yang membingungkan sehingga siswa atau pembaca jelas dalam pengertian, pemahaman, dan penangkapannya. Konsep materinya pun jelas dan mudah dipahami. Dlm bab 1 ini penulis bermaksud agar siswa mapu mencapai Hasil belajar sebagai berikut:
1)      Siswa dapat menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang didengarkan secara benar.
2)      Siswa dapat menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan lancar.
3)      Siswa dapat menemukan kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat.
4)      Siswa dapat menulis buku harian secara baik dan benar.
5)      Siswa dapat menggunakan kata bermakna denotasi dan konotasi secara tepat.
                        Dalam bab 1 ini juga terdapat informasi umum yang disajikan untuk pengetahuan siswa. Dengan bahasa sederhana dan disajikan secara ringan. Baab 1 ini sudah sesuai dengan SK yang diharapkan dicapai siswa dalam pembelajaran dan bahasa yang dikembangkan secara tuntas.
e.       Relevan Dengan Kurikulum
Dalam buku teks bab 1 ini sudah relevan dengan kurikulum yang berlaku, yaitu bisa dilihat dari isi materi dan tujuan yang terdapat dalam buku teks ini yang sudah sesuai. Buku teks bab 1 ini sudah relevan dengan kurikulumnya dengan melihat SK dan KD yang sudah sesuai yaitu sebagai berikut:
SK : Mengungkapkan Pengalaman dan informasi melaalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman.
KD : Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif

f.       Menarik Minat
Dalam buku teks bab 1 ini, isi materinya sudah cukup menarik minat siswa untuk membacanya. Karena dalam isi materi itu tulisannya sudah jelas dan bahasanya mudah dimengerti pembaca. Dan isi dalam materi itu juga seperti rangkuman sehingga pembaca tidak terlalu lama dalam membacanya, dalam mengerjakan soal yang di lembar selanjutnya pun mudah mencarinya. Dalam buku teks ini menggunakan bahasa yang komunukatif.
g.      Menstimulasi Aktivitas Siswa
Dalam buku teks bab 1 ini materinya dapat menstimulasi aktivitas siswa, dengan merangsang dan menggiatkan aktivitas siswa dalam membaca dan mengerjakan soal. Hal itu terjadi karena dalam buku teks ini terdapat materi yang tidak terlalu panjang langsung kepada intinya dan soal-soal yang mengasah kemampuan siswa. Sehingga siswa terangsang untuk mengerjakan soal-soal tersebut karena soal-soal di dalam buku teks ini mudah dipahami dengan itu siswa akan melakukan aktivitas membaca materi untuk menjawab soal-soal itu.
h.      Ilustrasi
Dalam buku teks bab 1 ini ilustrasi tulisan dalam materi sudah bagus dan jelas karena dapat menarik minat siswa untuk membacanya dan menumbuhkan rasa penasaran, hal lainnya lagi ilustrasi dalam buku teks ini dapat memperjelas apa yang dibicarakan dalam buku teks ini
i.        Komunikatif
Dalam buku teks bab 1 ini materinya sudah bisa dimengerti oleh pembacanya yakni siswa atau pemabaca. Bisa dilihat dari isi materi yang menggunakan kata-kata yang komunikatif sehingga dapat mudah memahami buku teks ini. Bahasanya pun sudah sesuai dengan bahasa indonesia yang benar yang bisa dimengerti siswa, dilihat dari konstruk kalimatnya yang efektif, terhindar dari makna ganda, sederhana, sopan  tetapi mudah dipahami. Dan dapat menarik minat pembacanya.
j.        Memantapkan Nilai-nilai
Dalam buku teks bab 1 ini isi materinya berusaha untuk memantapkan nila-nilai yang berlaku. Yang tidak menggoyahkan nilai-nilai lainnya yaitu dalam materi tidak ada kata-kata yang  saling menghina agama lain atau suku lain.
k.      Menumbuhkan Motivasi
Dalam buku teks bab 1 ini materinya dapat menumbuhkan motivasi siswa atau pembaca. Karena meteri yang terdapat dalam buku teks ini mudah dipahami dan terdapaat rangkuman. Sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu padaa siswa dan dapat menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi.
  1. Bahan
Dalam penelaahan pendekatan yang digunakan pengarang buku teks “Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII”  pada bab 1disinggung bahwa pokok bahasan dalam bab 1 meliputi: mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan kebahasaan. Isi lengkap pokok bahasan adalah sebagai berikut:
a.       Mendengarkan
Dalam pokok bahasan mendengarkan ini pengarang bermaksud agar siswa mampu menemukan ha-hal menarik dari dongeng yang didengarkan. Dalam bab 1 mendengarkan menggunakan dongeng “Si Janda dan Ketela Pohon” untuk mengaplikasikan pokok bahasan mendengarkan.
b.      Berbicara
Pokok bahasa berbicara ini pengarang bermaksud agar siswa mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan. Dalam bab 1 ini pengarang memberikan contoh dengan cerita pengalaman Butet Manurung yang terdapat dalam halaman 5.
c.       Membaca
Pokok bahasan membaca berisi bahan, materi penjelasan mengenai berbagai hal. Dalam buku teks “Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII” bab 1 ini pengarang bermaksud agar siswa mampu menemukan kata tertentu dalam kamus. Dalam bab 1 ini pengarang memberikan contoh kutipan kamus.
d.      Menulis
Pokok bahasan menulis berisi bahan dan materi. Dalam buku teks “Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII” bab 1 ini pengarang bermaksud agar siswa mampu dan mengerti menulis buku harian. Dalam bab 1 ini pengarang memberikan contoh penulisan  buku harian yang terdapat di halaman 9.
e.       Kebahasaan
Pokok bahasan kebahasaan ini pengarang ermaksud agar siswa mampu menggunakan kata bermakna denotasi dan konotasi. Di dalam buku teks “Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII” bab 1 ini pengrang memberikan penjelasan mengenai pengertian Denotasi dan Konotasi.
  1. Bahasa
Dalam penelaahan Buku Teks “Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII” dari segi bahasa dapat dilihat dari :
a)      Sudut Pandang
Dalam buku teks bab 1 ini dari sudut pandang bahasanya sudah baik karena  bahasa yang digunakan dalam buku teks ini sudah sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik. Dan bahasanya pun mudah dipahami oleh siswa atau pembacanya.
b)      Kejelasan Konsep
Dalam buku teks bab 1 ini dari kejelasan konsepnya cukup baik karena bahasa yang digunakan dalam buku teks tidak membingungkan dan tidak menyamarkan. Sehingga isi materi atau soal bahasanya mudah dipahami dan dimengerti. Contohnya seperti pada halamn 6, yaitu:
Kalian pasti memiliki pengalaman yang berkaitan dengan lingkungan, bkaun? Nah, sekarang kalian akan belajar menceritakannya kepada orang lain.”
c)      Relevan Dengan Kurikulum
Dalam buku teks bab 1 ini bahasanya sudah relevan dengan kurikulum yang menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Bisa dilihat dari materi dan soal-soalnya yang menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Buku teks ini sesuai dengan SK dan Kd daalaam kurikulum.
d)     Menarik Minat
Dalam buku teks bab 1 ini bahasa yang  digunakan mampu menarik minat pembaca atau siswa karena bahasanya mudah dipahami dan langsung keintinya, sehingga mudah untuk dimengerti dan menjadikan timbul minat untuk membacanya. Dalam halaman 10 terdapat jeda info yang dapat menarik minat membaca siswa. Berikut ini adalah contohnya:
JEDA INFO
Idiom adalah kaata-kata yang dipakai secara kiaasan pada suatu kesempatan penyampaian. Semua bentuk idiom untuk ungkapan tergolong dalam kata yang bermakna konotasi.

e)      Menumbuhkan Motivasi
Dalam buku teks bab 1 ini bahasa yang digunakan mampu menumbuhkan motivasi siswa atau pembacanya karena bahasa yang digunakan tidak membingungkan pembaca sehingga motivasi untuk membacanya pun timbul.
f)       Menstimulasi Aktivitas Siswa
Dalam buku teks bab 1 ini bahasa yang digunakan mampu menstimulasi aktivitas siswa dengan bahasa-bahasa yang lugas dan mudah dipahami sehingga siswa terangsang untuk membacanya.
g)      Ilustrasi
Dalam buku teks bab 1 ini bahasa yang diilustrasikan sudah menarik karena memberikan daya tarik siswa atau pembaca untuk membacanya, dilihat dari bahasanya yang mudah dipahami serta jelas hal yang dibicarakan dalam buku teks itu. Dan di bantu dengan gambar-gambar yang mengilustrasikan.
h)      Komunikatif
Dalam buku teks bab 1 ini bahasa yang digunakan sudah komunikatif karena bahasanya mampu dipahami siswa atau pembaca dengan kalimat-kalimat yang menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.
i)        Kalimatnya
Dalam buku teks 1 ini menggunakan kalimat efektif yang mudah dipahami oleh pembaca. Sehingga memudahkan pembaca dalam memahami maksud bacaan.
j)        Menunjang Mat Pelajaran Lain
Dalam buku teks bab 1 ini kaitannya denag mata pelajaran lain yaitu berkaitan dengan mata pelaajaran IPA. Diman dalam teks bacaan ini menceritakan tentang “Waduk Jatiluhur Minim Daya Tampung”. Bacaan tersebut tedapat dalam halam 8.
4.      Metode
Buku teks ini disusun berdasarkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam kurikulum yang berlaku saat ini. Karena buku teks harus mengikuti berbagai tuntutan kurikulum. Menurut pengamatan, pengarang mengunakan metode penyajian berupa:
a)      Penjelasan
b)      Penugasan
c)      Latihan
d)     Uji kompetensi
e)      Ceramah
5.      Tata Tulis/ Ejaan Yang Disempurnakan
Dalam buku teks “Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII” bab 1 ini tata tulis yang digunakan cukup sesuai dengan EYD yaitu ejaan yang disempurnakan. Karena dalam buku teks ini tulisannya tidak kecil-kecil sehingga terlihat jelas, tulisannya tidak terlalu rapat-rapat sehingga terlihat jelas.
6.      Tata Wajah / lay out
Dalam penelaahan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII dari segi lay out/tata wajah  meliputi :
a)      Desain Kulit
                        Dalam buku teks bab 1 ini gambar yang ada di sampul buku bagian depan cukup menarik karena gambarnya jelas. Selain itu, gambar pada bab 1 sesuai dengan judul pada bab 1. Desain kulit muka, punggung dan belaakang merupakan suatu kesatuan yang utuh. Elemen warna, ilustrasi, dan tipografi ditampilkan secara harmonis dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya.
b)      Ilustrasi Kulit Buku
                        Ilustrasi memberikan gambaran tentang materi jar tertentu dan secara visual dapat mengungkapkan jenis ilustrasi yaang ditampilkan berdasarkan materi ajarnya. Dalam buku teks ini, waacana yang ditampilkan sesuai dengan ilustrasi atau foto yang berkaiatan dengan materi.
c)      Komposisi dan ukuran tata letak
                        Adanya keseimbangan unsur tata letak (judul, pengarang, ilustrasi, logo, dll.) dan ukuran unsur tata letak (tipografi, ilustrasi, dan unsur pendukung lainnya) secara profesional dengan ukuran buku.
d)     Warna unsur tata letak
                        Memperhatikan tampilan warna buku ini secara keseluruhan sudah dapat memberikan nuansa tertentu dan dapat memperjelas materi.
e)      Keruntutan Konsep
                        Tugas, latihan, contoh dalam hal materi kebahasaan dan kesastraan yang disajikan memiliki hubungan satu dengan yang lain sehingga siswa mampu mengaplikasikan konsep-konsep dasar keilmuan secara terintegrasi dan holistik.
f)       Konsistensi Sistematika Penyajian
                        Dalam buku teks bab 1 ini sistematika penyajian yang disampaikan jelas, fokus, dan rapi. Terdapat juga bagian pendahuluan yaitu tujuan, bagian isi (uaraian, wacana, tugas, dan gambar), serta bagian penutup terdapat pokok bahasan dalam rangkuman sehingga membantu siswa memudahkan memahami materi yang disampaikan.
7.      Media
Media pengajaran dalam buku teks “ Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII” bab 1 ada yang digunakan walaupun dalam bentuk sederhana dan variasi yang tidak banyak. Diantaranya, media pengajaran tersebut adalah:
a.       Rangkuman dalam kotak yang diberi nama rangkuman
b.      Gambar
c.       Tabel
8.      Evaluasi
Evaluasi dalam buku teks “Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII” bab 1 cukup bervariasi. Evaluasi ini tidak semata-mata untuk mengukur prestasi belajar siswa tetapi juga sebagai metode pengajaran yakni berupa tugas. Berikut ini contoh instruksi yang digunakan:
a.       Mendengarkan
1.      Dengarkan pembacaan dongeng (legenda) berikut!
2.      Catatlah hal-hal menarik dari dongeng tersebut baik yang bersifat menghibur maupun yang berisi ajaran moral!
b.      Berbicara
1.      Ingatlah kembali peristiwa yang kalian alami
2.      Buatlah catatan singkat mengenai pengalaman kalian tersebut!
3.      Setelah siap, ceritakan pengalaman kalian di depan kelas ntanpa membawa catatan!
c.       Membaca
1.      Bacalah teks berikut!
2.      Temukan kata-kata sukar yang berhubungan dengan lingkungan!
3.      Carilah arti kata-kata sukar tersebut dalam kamus!
d.      Menulis
1.      Setiap orang pasti pernah mengalami berbagai peristiwa, baik peristiwa menyenagkan, menyedihkan, mengharukan, maupun menggelikan. Coba ceritakan salah satu peristiwa menggelikan yang pernah kalian alami dengan menggunakan kalimat efektif, dan bahasa yang ekspresif!
e.       Kebahasaan
1.      Carilah sebuah berita tentang kelestarian lingkungan dari surat kabar!
2.      Temukanlah kata-kata yang bermakna denotasi dan konotasi pada berita tersebut! (masing-masing lima)
3.      Buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata yang telah kalian temukan tadi!
9.      Simpulan
Buku teks “ Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII” bab 1 ini dapat penulis nyatakan layak sebagai buku teks karena sudah memenuhi kriteria persyaratan yang didasarkan kepada tuntutan kurikulum, karakteristik mata pelajaran atau ilmu yang relevan. Buku teks bab 1 ini sudah sesuai dengan kriteria buku teks yang baik dilihat juga dari lay out/tata letak yang sudah memenuhi syarat yaitu dari desain kulit buku yang sudah menarik, ilustrasi kulit buku yang bagus dan jelas, komposisi dan ukuran tata letak (judul, pengarang, ilustrasi, logo) yang sudah cukup bagus  dan unik tapi menarik, warna unsur tata letak yang harmonis dan memperjelas fungsi, huruf-huruf yang digunakan dalam buku teks yang sederhana tetapi menarik, dan unsur tata letak yang lengkap.

Komentar