TELAAH
BUKU TEKS BAHASA INDONESIA
·
Judul Buku : Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas VII
·
Pengarang : Atikah Anindyarini
Sri Ningsih
·
Editor : Retno Utami dan
Widya Ristanti
·
Desain Cover : Teguh Karya
·
Setting/ Lay Out : Eni Purwanti
·
Cetakan : Pertama
·
Tahun Terbit : 2008
·
Penerbit : Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
·
Tempat Terbit : Jakarta
·
Ditujukan Untuk : SMP Kelas Satu
Buku teks tersebut di atas akan
ditelaah dengan mengunakan pedoman atau penelaahan buku teks menggunakan
kriteria penelaahan buku teks. Disini saya akan menelaah buku Bahasa Indonesia
untuk SMP kelas VII pada Bab I. Hasil penelaahaan tergambar sebagai berikut:
- Materi
Dalam buku teks bahasa indonesia
pada bab satu ini, penelaahan materi sendiri meliputi:
a. Pendekatan
keterampilan proses.
Pendekatan
yan digunakan pengarang dalam buku teks ini meliputi:
1) Mengamati
2) Meramalkan
3) Mengaplikasikan
konsep
b. Tujuan
Secara umum penyusun buku teks “
Bahasa Indonesia untuk kelas VII” menyadari bahwa semua pengajaran harus
membimbing dan membekali siswa pengetahuan, keterampilan dan nilai serta sikap.
Tujuan dari bab I ini adalah Tujuan Kemampuan Berbahasa yang meliputi:
1) Mendengarkan
2) Berbicara
3) Membaca
4) Menulis
5) Kebahasaan
c. Sudut
Pandang (point of view)
Dalam
buku teks bab 1 ini sudah bagus karena sudah mempunyai landasan, prinsip atau
sudut pandang tertentu yang menjiwai atau melandasi buku teks secara
keseluruhan. Sudut pandang disini berupa teori, bahasa, materi, dan tulisan.
d. Kejelasan
Konsep
Dalam
buku teks bab 1 ini konsepnya sudah jelas. Tidak ada samaran atau kata yang
membingungkan sehingga siswa atau pembaca jelas dalam pengertian, pemahaman,
dan penangkapannya. Konsep materinya pun jelas dan mudah dipahami. Dlm bab 1 ini penulis bermaksud agar siswa mapu
mencapai Hasil belajar sebagai berikut:
1)
Siswa dapat
menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang didengarkan secara benar.
2)
Siswa dapat
menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan lancar.
3)
Siswa dapat menemukan
kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat.
4)
Siswa dapat
menulis buku harian secara baik dan benar.
5)
Siswa dapat
menggunakan kata bermakna denotasi dan konotasi secara tepat.
Dalam bab 1 ini juga
terdapat informasi umum yang disajikan untuk pengetahuan siswa. Dengan bahasa
sederhana dan disajikan secara ringan. Baab 1 ini sudah sesuai dengan SK yang
diharapkan dicapai siswa dalam pembelajaran dan bahasa yang dikembangkan secara
tuntas.
e. Relevan
Dengan Kurikulum
Dalam
buku teks bab 1 ini sudah relevan dengan kurikulum yang berlaku, yaitu bisa
dilihat dari isi materi dan tujuan yang terdapat dalam buku teks ini yang sudah
sesuai. Buku teks bab 1 ini sudah relevan dengan kurikulumnya
dengan melihat SK dan KD yang sudah sesuai yaitu sebagai berikut:
SK : Mengungkapkan Pengalaman dan informasi melaalui
kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman.
KD : Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
f. Menarik
Minat
Dalam
buku teks bab 1 ini, isi materinya sudah cukup menarik minat siswa untuk
membacanya. Karena dalam isi materi itu tulisannya sudah jelas dan bahasanya
mudah dimengerti pembaca. Dan isi dalam materi itu juga seperti rangkuman
sehingga pembaca tidak terlalu lama dalam membacanya, dalam mengerjakan soal
yang di lembar selanjutnya pun mudah mencarinya. Dalam buku teks ini menggunakan bahasa yang komunukatif.
g. Menstimulasi
Aktivitas Siswa
Dalam
buku teks bab 1 ini materinya dapat menstimulasi aktivitas siswa, dengan
merangsang dan menggiatkan aktivitas siswa dalam membaca dan mengerjakan soal.
Hal itu terjadi karena dalam buku teks ini terdapat materi yang tidak terlalu
panjang langsung kepada intinya dan soal-soal yang mengasah kemampuan siswa.
Sehingga siswa terangsang untuk mengerjakan soal-soal tersebut karena soal-soal
di dalam buku teks ini mudah dipahami dengan itu siswa akan melakukan aktivitas
membaca materi untuk menjawab soal-soal itu.
h. Ilustrasi
Dalam
buku teks bab 1 ini ilustrasi tulisan dalam materi sudah bagus dan jelas karena
dapat menarik minat siswa untuk membacanya dan menumbuhkan rasa penasaran, hal
lainnya lagi ilustrasi dalam buku teks ini dapat memperjelas apa yang
dibicarakan dalam buku teks ini
i.
Komunikatif
Dalam
buku teks bab 1 ini materinya sudah bisa dimengerti oleh pembacanya yakni siswa
atau pemabaca. Bisa dilihat dari isi materi yang menggunakan kata-kata yang
komunikatif sehingga dapat mudah memahami buku teks ini. Bahasanya pun sudah
sesuai dengan bahasa indonesia yang benar yang bisa dimengerti siswa, dilihat dari
konstruk kalimatnya yang efektif, terhindar dari makna ganda, sederhana,
sopan tetapi mudah dipahami. Dan dapat
menarik minat pembacanya.
j.
Memantapkan Nilai-nilai
Dalam
buku teks bab 1 ini isi materinya berusaha untuk memantapkan nila-nilai yang
berlaku. Yang tidak menggoyahkan nilai-nilai lainnya yaitu dalam materi tidak
ada kata-kata yang saling menghina agama
lain atau suku lain.
k.
Menumbuhkan
Motivasi
Dalam buku
teks bab 1 ini materinya dapat menumbuhkan motivasi siswa atau pembaca. Karena
meteri yang terdapat dalam buku teks ini mudah dipahami dan terdapaat
rangkuman. Sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu padaa siswa dan dapat
menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi.
- Bahan
Dalam penelaahan pendekatan yang
digunakan pengarang buku teks “Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII” pada bab 1disinggung bahwa pokok bahasan
dalam bab 1 meliputi: mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan
kebahasaan. Isi lengkap pokok bahasan adalah sebagai berikut:
a. Mendengarkan
Dalam
pokok bahasan mendengarkan ini pengarang bermaksud agar siswa mampu menemukan
ha-hal menarik dari dongeng yang didengarkan. Dalam bab 1 mendengarkan
menggunakan dongeng “Si Janda dan Ketela Pohon” untuk mengaplikasikan pokok
bahasan mendengarkan.
b. Berbicara
Pokok bahasa berbicara ini
pengarang bermaksud agar siswa mampu menceritakan pengalaman yang paling
mengesankan. Dalam bab 1 ini pengarang memberikan contoh dengan cerita
pengalaman Butet Manurung yang terdapat dalam halaman 5.
c. Membaca
Pokok bahasan membaca berisi bahan,
materi penjelasan mengenai berbagai hal. Dalam buku teks “Bahasa Indonesia
untuk SMP kelas VII” bab 1 ini pengarang bermaksud agar siswa mampu menemukan
kata tertentu dalam kamus. Dalam bab 1 ini pengarang memberikan contoh kutipan
kamus.
d. Menulis
Pokok bahasan menulis berisi bahan
dan materi. Dalam buku teks “Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII” bab 1 ini
pengarang bermaksud agar siswa mampu dan mengerti menulis buku harian. Dalam
bab 1 ini pengarang memberikan contoh penulisan
buku harian yang terdapat di halaman 9.
e. Kebahasaan
Pokok bahasan kebahasaan ini
pengarang ermaksud agar siswa mampu menggunakan kata bermakna denotasi dan
konotasi. Di dalam buku teks “Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII” bab 1 ini
pengrang memberikan penjelasan mengenai pengertian Denotasi dan Konotasi.
- Bahasa
Dalam penelaahan Buku Teks “Bahasa
Indonesia untuk SMP kelas VII” dari segi bahasa dapat dilihat dari :
a) Sudut
Pandang
Dalam
buku teks bab 1 ini dari sudut pandang bahasanya sudah baik karena bahasa yang digunakan dalam buku teks ini
sudah sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik. Dan bahasanya pun mudah
dipahami oleh siswa atau pembacanya.
b) Kejelasan
Konsep
Dalam
buku teks bab 1 ini dari kejelasan konsepnya cukup baik karena bahasa yang
digunakan dalam buku teks tidak membingungkan dan tidak menyamarkan. Sehingga
isi materi atau soal bahasanya mudah dipahami dan dimengerti. Contohnya seperti pada halamn 6, yaitu:
“ Kalian pasti
memiliki pengalaman yang berkaitan dengan lingkungan, bkaun? Nah, sekarang
kalian akan belajar menceritakannya kepada orang lain.”
c) Relevan
Dengan Kurikulum
Dalam buku teks bab 1
ini bahasanya sudah relevan dengan kurikulum yang menggunakan bahasa indonesia
yang baik dan benar. Bisa dilihat dari materi dan soal-soalnya yang menggunakan
bahasa indonesia yang baik dan benar. Buku
teks ini sesuai dengan SK dan Kd daalaam kurikulum.
d) Menarik
Minat
Dalam buku teks bab 1
ini bahasa yang digunakan mampu menarik
minat pembaca atau siswa karena bahasanya mudah dipahami dan langsung
keintinya, sehingga mudah untuk dimengerti dan menjadikan timbul minat untuk
membacanya. Dalam halaman 10 terdapat
jeda info yang dapat menarik minat membaca siswa. Berikut ini adalah contohnya:
JEDA INFO
Idiom adalah kaata-kata yang dipakai secara kiaasan pada suatu
kesempatan penyampaian. Semua bentuk idiom untuk ungkapan tergolong dalam
kata yang bermakna konotasi.
|
e) Menumbuhkan
Motivasi
Dalam buku teks bab 1
ini bahasa yang digunakan mampu menumbuhkan motivasi siswa atau pembacanya
karena bahasa yang digunakan tidak membingungkan pembaca sehingga motivasi untuk
membacanya pun timbul.
f) Menstimulasi
Aktivitas Siswa
Dalam buku teks bab 1
ini bahasa yang digunakan mampu menstimulasi aktivitas siswa dengan
bahasa-bahasa yang lugas dan mudah dipahami sehingga siswa terangsang untuk
membacanya.
g) Ilustrasi
Dalam buku teks bab 1
ini bahasa yang diilustrasikan sudah menarik karena memberikan daya tarik siswa
atau pembaca untuk membacanya, dilihat dari bahasanya yang mudah dipahami serta
jelas hal yang dibicarakan dalam buku teks itu. Dan di bantu dengan
gambar-gambar yang mengilustrasikan.
h) Komunikatif
Dalam buku teks bab 1
ini bahasa yang digunakan sudah komunikatif karena bahasanya mampu dipahami
siswa atau pembaca dengan kalimat-kalimat yang menggunakan bahasa indonesia
yang baik dan benar.
i)
Kalimatnya
Dalam buku teks 1 ini
menggunakan kalimat efektif yang mudah dipahami oleh pembaca. Sehingga
memudahkan pembaca dalam memahami maksud bacaan.
j)
Menunjang Mat
Pelajaran Lain
Dalam
buku teks bab 1 ini kaitannya denag mata pelajaran lain yaitu berkaitan dengan
mata pelaajaran IPA. Diman dalam teks bacaan ini menceritakan tentang “Waduk
Jatiluhur Minim Daya Tampung”. Bacaan tersebut tedapat dalam halam 8.
4.
Metode
Buku teks ini disusun berdasarkan
prinsip-prinsip yang terkandung dalam kurikulum yang berlaku saat ini. Karena
buku teks harus mengikuti berbagai tuntutan kurikulum. Menurut pengamatan,
pengarang mengunakan metode penyajian berupa:
a) Penjelasan
b) Penugasan
c) Latihan
d) Uji
kompetensi
e) Ceramah
5.
Tata
Tulis/ Ejaan Yang Disempurnakan
Dalam buku teks “Bahasa Indonesia untuk
SMP kelas VII” bab 1 ini tata tulis yang digunakan cukup sesuai dengan EYD
yaitu ejaan yang disempurnakan. Karena dalam buku teks ini tulisannya tidak
kecil-kecil sehingga terlihat jelas, tulisannya tidak terlalu rapat-rapat
sehingga terlihat jelas.
6.
Tata
Wajah / lay out
Dalam penelaahan Buku Teks Bahasa
Indonesia untuk SMP Kelas VII dari segi lay out/tata wajah meliputi :
a)
Desain Kulit
Dalam
buku teks bab 1 ini gambar yang ada di sampul buku bagian depan cukup menarik
karena gambarnya jelas. Selain itu, gambar pada bab 1 sesuai dengan judul pada
bab 1. Desain kulit muka, punggung dan belaakang merupakan
suatu kesatuan yang utuh. Elemen warna, ilustrasi, dan tipografi ditampilkan
secara harmonis dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya.
b)
Ilustrasi Kulit
Buku
Ilustrasi memberikan
gambaran tentang materi jar tertentu dan secara visual dapat mengungkapkan
jenis ilustrasi yaang ditampilkan berdasarkan materi ajarnya. Dalam buku teks
ini, waacana yang ditampilkan sesuai dengan ilustrasi atau foto yang berkaiatan
dengan materi.
c)
Komposisi dan
ukuran tata letak
Adanya keseimbangan
unsur tata letak (judul, pengarang, ilustrasi, logo, dll.) dan ukuran unsur
tata letak (tipografi, ilustrasi, dan unsur pendukung lainnya) secara
profesional dengan ukuran buku.
d)
Warna unsur tata
letak
Memperhatikan tampilan
warna buku ini secara keseluruhan sudah dapat memberikan nuansa tertentu dan
dapat memperjelas materi.
e)
Keruntutan
Konsep
Tugas,
latihan, contoh dalam hal materi kebahasaan dan kesastraan yang disajikan
memiliki hubungan satu dengan yang lain sehingga siswa mampu mengaplikasikan
konsep-konsep dasar keilmuan secara terintegrasi dan holistik.
f)
Konsistensi
Sistematika Penyajian
Dalam
buku teks bab 1
ini sistematika penyajian yang disampaikan jelas, fokus, dan rapi. Terdapat juga
bagian pendahuluan yaitu tujuan, bagian isi (uaraian, wacana, tugas, dan
gambar), serta bagian penutup terdapat pokok bahasan dalam rangkuman sehingga
membantu siswa memudahkan
memahami materi yang disampaikan.
7.
Media
Media pengajaran dalam buku teks “ Bahasa
Indonesia untuk SMP kelas VII” bab 1 ada yang digunakan walaupun dalam bentuk
sederhana dan variasi yang tidak banyak. Diantaranya, media pengajaran tersebut
adalah:
a. Rangkuman
dalam kotak yang diberi nama rangkuman
b. Gambar
c. Tabel
8.
Evaluasi
Evaluasi dalam buku teks “Bahasa
Indonesia untuk SMP kelas VII” bab 1 cukup bervariasi. Evaluasi ini tidak
semata-mata untuk mengukur prestasi belajar siswa tetapi juga sebagai metode
pengajaran yakni berupa tugas. Berikut ini contoh instruksi yang digunakan:
a. Mendengarkan
1. Dengarkan
pembacaan dongeng (legenda) berikut!
2. Catatlah
hal-hal menarik dari dongeng tersebut baik yang bersifat menghibur maupun yang
berisi ajaran moral!
b. Berbicara
1. Ingatlah
kembali peristiwa yang kalian alami
2. Buatlah
catatan singkat mengenai pengalaman kalian tersebut!
3. Setelah
siap, ceritakan pengalaman kalian di depan kelas ntanpa membawa catatan!
c. Membaca
1. Bacalah
teks berikut!
2. Temukan
kata-kata sukar yang berhubungan dengan lingkungan!
3. Carilah
arti kata-kata sukar tersebut dalam kamus!
d. Menulis
1. Setiap
orang pasti pernah mengalami berbagai peristiwa, baik peristiwa menyenagkan,
menyedihkan, mengharukan, maupun menggelikan. Coba ceritakan salah satu
peristiwa menggelikan yang pernah kalian alami dengan menggunakan kalimat
efektif, dan bahasa yang ekspresif!
e. Kebahasaan
1. Carilah
sebuah berita tentang kelestarian
lingkungan dari surat kabar!
2. Temukanlah
kata-kata yang bermakna denotasi dan konotasi pada berita tersebut!
(masing-masing lima)
3. Buatlah
kalimat dengan menggunakan kata-kata yang telah kalian temukan tadi!
9.
Simpulan
Buku
teks “ Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII” bab 1 ini dapat penulis nyatakan layak sebagai
buku teks karena sudah memenuhi kriteria persyaratan yang didasarkan kepada
tuntutan kurikulum, karakteristik mata pelajaran atau ilmu yang relevan. Buku teks bab 1 ini sudah sesuai
dengan kriteria buku teks yang baik dilihat juga dari lay out/tata letak yang
sudah memenuhi syarat yaitu dari desain kulit buku yang sudah menarik,
ilustrasi kulit buku yang bagus dan jelas, komposisi dan ukuran tata letak
(judul, pengarang, ilustrasi, logo) yang sudah cukup bagus dan unik tapi menarik, warna unsur tata letak
yang harmonis dan memperjelas fungsi, huruf-huruf yang digunakan dalam buku teks
yang sederhana tetapi menarik,
dan unsur tata letak yang lengkap.
Komentar
Posting Komentar